MEMBUAT RANGKAIAN LIGHT CENSOR SEDERHANA DENGAN DIPTRACE

Pada kali ini kita akan membuat rangkain dari Light Censor sederhana yang mana akan digunakan pada PCB sebagai pembuatan jalur. Aplikasi yang akan kita gunakan adalah aplikasi yang pastinya sudah tidak asing bagi beberapa orang yaitu DIPTRACE. Oke langsung saja ke tutorialnya.

dibawah ini adalah skema yang nantinya akan kita buat rangkaiannya pada aplikasi Diptrace.

Bahan-bahan membuat Light censor:
  • 1 buah Baterai 6V
  • 1 buah LDR (VT935G-B)
  • 1 buah Transistor PNP (BC557)
  • 1 buah Resistor ukuran 470 R
  • 1 buah LED (bebas)
  • 1 buah Potensiometer/Variable Resistor (VR) 10 K.


Pertama buka Aplikasi Diptrace lalu Pilih “PCB Layout” yang berwarna Hijau.

Setelah itu akan tampil halaman seperti foto diatas.

Masukan daftar komponen yang diperlukan dan tata sesuai skema yang ada sebelumnya.

Selanjutnya kita hubungkan semua komponen sesuai skema dengan membuat jalur menggunakan tool “Route Manual” yang diberi tanda merah pada gambar.

Anda juga bisa mengatur besar garis dengan mengatur “Trace Width” pada jendela Properties di sebelah kanan layar. Seperti pada gambar saya menggunakan ukuran 0,03 dan anda dapat menyesuaikan dengan keinginan anda masing-masing.

Selanjutnya kita akan memberi kotak/pembatas kepada rangkaian kita dengan menggunakan tool “Place Copper Pour” yang diberi tanda merah pada foto. Ketika kotak telah terbentuk kemudian klik kanan dan pilih “Enter”.

Setelah itu akan tampil jendela baru, kemudian anda bisa mengatur tampilan Backgroundnya atau anda bisa langsung klik “OK” untuk tampilan secara default.

Setelah di klik “OK” maka tampilan Backgound telah jadi.

Kemudian untuk bagian line/jalur kita atur agar berada pada layer Bottom dengan cara klik pada line/jalur yang dipilih lalu kita klik jendela Properties dan pilih “Bottom” pada “segment Layer”.

Sampai disini pembuatan ragkaian telah jadi dan kita dapat mengeksportnya menjadi gambar dengan pergi ke menu “File – Preview”.


pada bagian “Current” kita pilih bagian layer yang mau di eksport, lalu klik save dan pilih “Resolution” sebesar 300 agar menghasilkan gambar yang tidak mudah pecah, dan kemudian OK.

Sampai disini kita tinggal mengisi nama dan lokasi yang kita inginkan untuk hasil eksport tersebut.

Jangan lupa juga untuk mengeksport bagian “Layer Bottom” dengan memilih pada menu Current, dan beri tanda centang pada bagian “Mirror” karena bagian bawah dari PCB akan terlihat terbalik dari bagian “Layer Top”.



SELESAI....

Komentar

Postingan Populer