JARINGAN KOMPUTER: PENGERTIAN, JENIS, DAN TOPOLOGI

Kita semua tentunya sudah tidak asing dengan yang namanya Internet, dijaman Modern ini internet dapat dikategorikan sebagai suatu kebutuhan setiap hari bahkan setiap saat. Tapi apakah kalian tahu bagaimana cara kita semua dapat saling berkomunikasi satu sama lain atau dengan yang lainnya?, dan apakah kalian tahu bahwa internet bukanlah satu-satunya yang dapat membuat semua perangkat yang kita saling terhubung?, serta apa sajakah itu?. Nah pada kesempatan ini kami akan mencoba menjawab dan menjelaskan mengenai hal tersebut. 

Pengertian Jaringan

Definisi dari Jaringan ini sebenarnya sangat banyak dan dapat ditemukan didalam ilmu manapun, tetapi dari berbagai pengertian jaringan di berbagai ilmu tersebut terdapat kesamaan dan dapat dijadikan patokan agar suatu benda dapat dikatakan sebagai jaringan, yaitu:
  • Benda tersebut lebih dari satu,
  • Memiliki beberapa kesamaan dari segi bentuk maupun fungsi,
  • Saling terhubung.


Pengertian Jaringan Komputer

Seperti yang kita tahu atau mungkin beberapa dari kita ada yang belum tahu bahwa jaringan komputer (jaringan) adalah jaringan telekomunikasi yang memungkinkan antar komputer untuk saling berkomunikasi dengan bertukar data. Namun pengertian diatas adalah pengertian menurut halaman Wikipedia dan sudah cukup lama, sedangkan dijaman Modern saat ini perangkat lain selain Komputer juga sudah dapat saling terhubung satu sama lain, sehingga pengertin tersebut dirasa kurang baik.
 
Jadi pengertian Jaringan Komputer sendiri menurut saya akan lebih cocok jika diartikan sebagai beberapa perangkat/devices yang terhubung satu sama lain melalui media kabel maupun nirkabel sehingga dapat saling bertukar data.


Jenis-Jenis Jaringan Komputer

Banyak sekali jenis dari jaringan komputer terlebih lagi dengan kemajuan jaman yang semakin cepat, berikut ini adalah beberapa jenis dari jaringan komputer berdasarkan cakupan luasnya yang mungkin sudah sering terdengar ditelinga kita.


PAN (Personal Area Network)

Personal Area Network adalah jaringan dengan cakupan komputer personal atau pribadi dengan perangkat perangkat pendukung komputer yang lainnya (Mouse, Headphone, Keyboard).

PAN- Follower-Technology
Jangkauan dari PAN biasanya beberapa meter. PANs dapat digunakan untuk komunikasi antara perangkat pribadi mereka sendiri (intrapersonal komunikasi), atau untuk menghubungkan ke tingkat yang lebih tinggi dan jaringan Internet (an uplink). Personal area jaringan kabel mungkin dengan komputer bus seperti USB dan FireWire. Wireless personal area network (WPAN) juga dapat dimungkinkan dengan teknologi jaringan seperti IrDA, Bluetooth, UWB, Z-Wave dan ZigBee.

LAN (Local Area Network)

LAN (Local Area Network) adalah suatu jaringan komputer yang hanya mencakup wilayah lokal, dalam artian, jaringan ini hanya bisa digunakan oleh orang-orang yang berada di area LAN saja. LAN dapat menghubungkan sebuah perangkat ke internet dengan menggunakan berbagai perangkat jaringan yang cukup sederhana. Seperti hanya dengan menggunakan kabel UTP (Unshielded Twisted-Pair), Hub, Switch, Router, dan lain sebagainya. Saat ini, kebanyakan LAN berbasis pada teknologi IEEE 802.3 Ethernet menggunakan perangkat switch, yang mempunyai kecepatan transfer data 10, 100, atau 1000 Mbit/s.
Image: pro.co.id
Adapun beberapa contoh jaringan LAN, yakni adalah seperti komputer-komputer yang saling terhubung di sekolah, perusahaan, warnet, dan banyak lainnya. Itu adalah beberapa contoh jaringan LAN yang mudah ditemukan.
  • Keuntungan Menggunakan Jaringan LAN
Menggunakan jaringan LAN mempunyai banyak keuntungan, seperti lebih irit pengeluaran biaya operasional, lebih irit dalam penggunaan kabel. Dan keuntungan lainnya yang anda dapat adalah koneksi transfer data antar node dan komputer bekerja dengan cepat. Selain itu, menggunakan jaringan LAN rasanya kita juga tidak memerlukan operator telekomunikasi untuk dapat membuat jaringan LAN.
  • Kerugian Menggunakan Jaringan LAN
Tentu saja dengan memilih menggunakan jaringan yang satu ini ada beberapa kekurangannya, seperti cakupan wilayah koneksi yang terbatas, sehingga hal tersebut menjadi salah satu kekurangan dari jaringan LAN.

MAN (Metropolitan Area Network)

MAN (Metropolitan Area Network) adalah jenis jaringan komputer yang dapat mencakup area yang lebih luas dan menggunakan teknologi yang lebih canggih dari semua jaringan komputer berjenis LAN.
https://www.indoworx.com/file/2017/12/2.jejakwaktu.com-FILEminimizer-768x392.jpg
Image: jejakwaktu.com

Mengapa jenis jaringan ini dikatakan bisa mencakup area yang lebih luas? Jawabannya adalah karena MAN sendiri biasa digunakan untuk menghubungkan jaringan komputer dari satu kota ke kota lainnya. Namun sayang, untuk membuat suatu jaringan MAN, biasanya memerlukan operator telekomunikasi yang bertugas sebagai penghubung antar jaringan komputer.
  • Keuntungan Menggunakan Jaringan MAN
Berbeda dengan jaringan LAN, jaringan ini sendiri dapat mencakup wilayah atau area yang lebih luas sehingga untuk berkomunikasi dengan internet menjadi lebih efisien. Jaringan MAN juga mempermudah anda dalam halnya berbisnis. Bahkan, keamanan berkomunikasi menggunakan jaringan ini juga menjadi lebih terjaga.
  • Kerugian Menggunakan Jaringan MAN
Meskipun bertelekomunikasi dengan jaringan ini bisa dibilang cukup aman, namun ternyata jaringan MAN mudah dirusak oleh seseorang tidak bertanggung jawab untuk mengambil keuntungan pribadi. Bahkan, untuk memperbaiki jaringan MAN ini juga memerlukan waktu yang cukup lama.


WAN (Wide Area Network)

WAN (Wide Area Network) adalah salah satu jenis jaringan komputer yang mencakup wilayah super luas dan menggunakan teknologi yang super canggih apabila dibandingkan dengan jaringan LAN maupun MAN.
Image: denizarc.wordpress.com


Tidak tanggung-tanggung, jaringan ini sendiri biasanya digunakan untuk menghubungkan suatu jaringan dengan negara lain. Bahkan, dari suatu benua ke benua lainnya. Untuk dapat menghubungkan ke berbagai negara, jaringan WAN terhubung dengan menggunakan kabel fiber optic dan menanamkannya di dalam tanah maupun di jalur bawah laut.
  • Keuntungan Menggunakan Jaringan WAN
Selain lebih canggih daripada LAN ataupun MAN, jaringan WAN ini tentunya memiliki cakupan wilayah jaringan yang sangat luas. Adapun teknologi yang lebih canggih sudah tentu ditanamkan di mekanisme ini. Otomatis hal tersebut juga membuat jaringan WAN dapat terhubung dengan lebih rahasia dan lebih aman. Karena cakupannya bisa membentang antar benua, maka hal ini juga mempengaruhi kemudahan dalam urusan berbisnis.
  • Kerugian Menggunakan Jaringan WAN
Teknologi yang lebih canggih, cakupan yang lebih luas, serta keamanan yang lebih terjaga pastinya membutuhkan biaya operasional yang tidak murah. Karena hal itu, biaya adalah hal utama yang menjadi pertimbangan dalam membuat sebuah jaringan WAN.

CAN(Camous Area Network)

CAN bisa dibilang mirip dengan MAN, tetapi terbatas pada universitas atau akademi. Jaringan ini biasanya disiapkan untuk kegiatan pendidikan seperti pembaruan kelas, praktik lab, email, ujian, pemberitahuan, dan lain lain.

Internet

Internet adalah jaringan komputer terbesar yang pernah dibuat oleh manusia. Internet menghubungkan jutaan perangkat komputasi termasuk PC, Laptop, Workstation, Server, Smartphone, tablet, TV, Webcam, CCTV dan masih banyak lagi. Menurut laporan yang diterbitkan pada Januari 2018, ada 2150 juta sistem akhir yang terhubung dengan internet. Untuk menghubungkan perangkat ini, banyak teknologi dan infrastruktur yang digunakan. Internet terbuka untuk semua orang. Karena siapa saja bisa terhubung ke internet, internet juga dianggap sebagai jaringan yang paling tidak aman.

VPN(Virtual Private Network)

VPN adalah solusi untuk menyediakan koneksi Internet yang aman. Sebagai contoh, sebuah perusahaan memiliki dua kantor; satu di Jakarta dan lainnya di Bandung. Dalam hal ini perusahaan dapat menggunakan VPN untuk menghubungkan kedua kantor tersebut. VPN membuat jalur aman di Internet dan bisa digunakan untuk transmisi data.

Topologi Jaringan Komputer

Dalam jaringan komputer, topologi mengacu pada tata letak perangkat yang terhubung. Topologi bisa dibilang sebagai bentuk atau struktur virtual jaringan. Bentuk ini tidak selalu sesuai dengan tata letak fisik sebenarnya dari perangkat di jaringan. Sebagai contoh, komputer di jaringan rumah dapat diatur dalam lingkaran di ruang keluarga, tetapi sangat tidak mungkin untuk menemukan topologi cincin di sana.
Topologi jaringan dikategorikan ke dalam tipe dasar berikut:
  • Bus (bis)
  • Ring (cincin)
  • Star (bintang)
  • Tree (pohon)
  • Mesh (jala)
Jaringan yang lebih kompleks dapat dibangun sebagai hybrid dari dua atau lebih dari topologi dasar di atas.

Topologi Bus
Hasil gambar untuk topologi bus
Image: google.com

Jaringan bus menggunakan kabel sebagai tulang punggungnya. Kabeli ini berfungsi sebagai media komunikasi. Perangkat yang ingin berkomunikasi dengan perangkat lain di jaringan mengirim pesan siaran melalui kabel yang terhubung ke dua perangkat itu, tetapi hanya penerima yang dituju yang benar-benar menerima dan memproses pesan tersebut.

Topologi Ring
Hasil gambar untuk topologi ring
Image: google.com
Dalam jaringan cincin, setiap perangkat memiliki dua “tetangga” untuk tujuan komunikasi. Semua pesan perjalanan melalui cincin ke arah yang sama (baik “searah jarum jam” atau “berlawanan arah jarum jam”). Jika ada kerusakan di kabel atau perangkat merusak loop dan dapat menurunkan seluruh jaringan. Untuk mengimplementasikan jaringan cincin, biasanya menggunakan teknologi FDDI, SONET, atau Token Ring. Topologi ring ditemukan di beberapa gedung perkantoran atau kampus.

Topologi Bintang
Hasil gambar untuk topologi star
Image: google.com
Banyak jaringan rumah menggunakan topologi bintang. Jaringan bintang memiliki titik koneksi pusat yang disebut “hub node” yang mungkin merupakan hub jaringan, switch atau router. Perangkat biasanya terhubung ke hub dengan Unshielded Twisted Pair (UTP) Ethernet. Dibandingkan dengan topologi bus, jaringan bintang umumnya membutuhkan lebih banyak kabel, tetapi kegagalan dalam kabel jaringan bintang hanya akan menurunkan satu akses jaringan komputer dan bukan seluruh LAN (Jika hub gagal, bagaimanapun, seluruh jaringan juga gagal).

Topologi Pohon
Hasil gambar untuk topologi tree
Image: google.com
Topologi pohon bergabung dengan topologi bintang untuk membentuk topologi bus. Dalam bentuk yang paling sederhana, hanya perangkat hub yang terhubung langsung ke bus pohon, dan setiap hub berfungsi sebagai akar dari pohon perangkat. Dengan hybrid antara bus dan bintang ini mendukung perluasan jaringan dengan jauh lebih baik daripada bus atau bintang saja.

Topologi Mesh
Hasil gambar untuk topologi mesh
Image: google.com
Topologi mesh memperkenalkan konsep rute. Tidak seperti topologi sebelumnya, pesan yang dikirim pada jaringan mesh dapat mengambil salah satu dari beberapa jalur yang mungkin dari sumber ke tujuan. Beberapa WAN, terutama Internet, menggunakan routing mesh.


Sources:
https://www.dewaweb.com/blog/jaringan-komputer-pengertian-topologi-dan-jenis-jenisnya/

Komentar

Postingan Populer