Jaringan Sederhana dengan Cisco Packet Tracer







1. SERVER, 2 SWITCH, 1 ROUTER, DAN 4 CLIENT

Berikut saya akan membuat Konfigurasi jaringan pada aplikasi Cisco Packet Tracer dengan mengandalkan 1 server, 2 Switch, 1 Router, dan 4 Client, Oke kalau begitu langsung saja.

Yang pertama harus kita lakukan adalah membuat skema dari jaringan, kita dapat membuatnya berdasarkan item-item yang telah disebutkan diatas tadi dan hasil skema seperti foto diatas.

Setelah skema berhasil dibuat selanjutnya adalah tahap konfigurasi dari setiap item.

Tahap pertama adalah pemberian IP Address pada Server menggunakan IP static seperti foto diatas.

Selanjutnya pergi ke menu service pengaturan HTTP dan pastikan kolom HTTP dan HTTPS dalam keadaan On.

Selanjutnya ke pengaturan DHCP dan ikuti pengaturan seperti foto diatas, atau dapat disesuaikan sendiri.

Begitu juga dengan pengaturan DNS dapat diikuti seperti foto, atau dapat disesuaikan sesuka anda.

Selanjutnya kita beralih ke konfigurasi Client yang terhubung dengan switch1, yaitu pemberian IP Address secara DHCP yaitu masuk ke menu Desktop > IP Configuration. Jadi dapat dilhiat seperti pada foto.

Setelah diberikan IP Adress selanjutnya Kita dapat mengecek koneksi WEB dari Server, yaitu dengan pergi ke menu Desktop > Web Browser, lalu ketikan DNS server. Apabila tampilan sudah seperti di foto atas berarti WEB berjalan dengan sukses.
Selanjutnya adalah mensetting Router. Untuk menyetingnya kita pergi ke menu CLI yang ada pada Router. Lalu settingan dapat diikuti atau disesuaikan dengan 2 foto diatas.

Untuk mengecek apakah Router telah berhasil mengkoneksikan kedua port yang mengarah ke Switch1 dan 2, dapat mengetikan kode do show ip interface brief seperti di foto atas.
Tahap selanjutnya adalah pengecekan apakah Client pada Switch 2 telah saling terhubung dengan Client di Switch1. Yaitu dengan melakukan ping dari Client di Switch2 ke Client di Switch1. Apabila berhasil maka akan tampak seperti foto diatas.


2. ROUTER, 2 SWITCH, DAN 4 CLIENT

Berikut ini akan saya jelaskan satu lagi jaringan dalam menggunakan item-item yang ada diatas. Oke langsung saja, pertama-tama kita melakukan konfigurasi pada router masing-masing.

Pertama kita buka CLI pada Router, lalu ketikan kode diatas. Setelah selesai lakukan hal yang sama pada Router yang satunya, tetapi perbedaanya adalah penempatan IP Address di setiap interface.

Setelah kita melakukan setting pada Router, selanjutnya adalah pemasangan IP Address Static pada setiap Client pada Switch1.

Begitu juga lakukan hal yang sama terhadap Client pada Switch2.

Setelah pemasangan IP Adrress selesai. Saatnya melakukan pengecekan koneksi antara Client pada Switch1 dan 2 dengan mengePING. Pengecekan melalui Client Switch1 apabila berhasil terhubung dengan Client pada Switch2 akan tampak seperti foto diatas.

Begitu juga sebaliknya saat melakukan pengecekan melalui Client Switch2 akan tampak seperti foto diatas apabila berhasil terhubung dengan Client pada Switch1.

Itulah 2 jaringan sederhana yang saya buat melalui Aplikasi Cisco Packet Tracer, semoga dapat bermanfaat bagi kita semua yang mempelajarinya, terimakasih dan sampai jumpa.

Komentar

Postingan Populer